Wisata candi cetho – menyibak kabut di Pelataran candi

Candi Cetho22

Wisata candi cetho – menyibak kabut di Pelataran candi

0

1947692_883969678282204_7220873463404975446_n
Candi Ceto berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Perjalanan untuk sampai ke Candi Cetho cukup bagus, meskipun medannya cukup sulit, melalui jalan aspal sempit yang menanjak curam dan berkelok-kelok melewati Kebun Teh Kemuning.
Namun perjalanan yang sangat memacu adrenalin tersebut akan terbayar  begitu sampai di kompleks candi. Sejuknya udara pegunungan dan  pemandangan alam yang sangat indah akan anda saksikan saat menjelajahi kawasan Candi.

Candi Cetho 3
Cetho dalam bahasa jawa berarti jelas, jernih tanpa halangan, Disebut Cetho, karena di dusun ini orang dapat melihat dengan sangat jelas pemandangan pegunungan yang mengitarinya yaitu Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Lawu, dan di kejauhan tampak puncak Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.
Selain itu dari dusun ini kita juga disuguhkan dengan pemandangan luas Kota Solo dan Kota Karanganyar yang terbentang luas di bawah.

10616152_887572821255223_4943407653227331664_n

Lokasi candi seluas 215 X 30 meter persegi dan dikelilingi oleh hutan pinus yang rindang dengan ketinggian 1500 meter. Candi ini merupakan peninggalan umat Hindu terakhir di Jawa. Fungsi candi ini sama seperti candi candi Hindu yang lain yakni sebagai tempat pemujaan. Sampai saat inipun Candi Cetho tetap digunakan oleh penduduk sekitar yang memang merupakan penganut agama Hindu.
Berbeda dengan candi2 di Jateng yg pada pda umumnya menghadap ke barat, candi cetho ini menghadap ke timur mungkin karena pembangunan nya pada masa Pemerintahan Majapahit, sehingga bentuknya terpengaruh oleh candi2 dari Jawa Timur. Candi berundak yang menghadap ke barat, menjadi simbol berakhirnya Kerajaan Majapahit.
Saat tiba di kompleks Candi Cetho, pengunjung akan disambut dengan kabut serta gapura yang menjulang tinggi dengan Gagah, seperti kebanyakan candi di Pulau Bali. Dua buah patung penjaga yang berbentuk mirip dengan patung pra sejarah berdiri tegak membisu di bawahnya.
Di halaman gapura terdapat batu besar yang ditata berbentuk kura-kura raksasa. Ada juga relief menyerupai alat kelamin laki-laki dengan panjang hampir 2 meter.

1andi cetho3

cet1

sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa, candi cetho di hiasi arca phallus yg menjadi simbol Dewa Siwa. Di beberapa teras terdapat pendapa dan bangunan kayu tempat arca Brawijaya V dan Punggawanya serta sebuah arca lingga.
Di bagian teratas kompleks Candi Ceto tampak sebuah bangunan yang pada masanya diperuntukkan sebagai tempat membersihkan diri sebelum melaksanakan upacara ritual peribadahan. Di timur bangunan candi dengan menuruni lereng, terrdapat sebuah kompleks bangunan candi yang  disebut sebagai Candi Kethek.

saraswati
Di sebelah timur candi, terdapat Puri Taman Saraswati. Terdapat Patung Dewi Saraswati yang merupakan pemberian dari bupati Gianyar Bali untuk bupati Karanganyar sebagai bentuk kerjasama seni, budaya dan ikatan persaudaraan antara masyarakat Hindu Bali dan Hindu jawa.

Bagi Anda yang berminat mengunjungi Candi Cetho dengan menggunakan jasa rental Mobil jogja murah,  silahkan menghubungi kami

 Rental mobil jogja,  Nuansa transport,
Telpon:

  • XL 0878 3974 1888  (whatsapp)
  • Indosat 0858 6858 1888
  • Simpati 0813 2511 8881

kami juga menyediakan paket wisata jogja, dan beberapa paket wisata menarik lainnya sesuai dengan pilihan anda.

 

 

Leave a Reply

    No Twitter Messages.