wisata ke Gunung Nglanggeran – Eksotisme Alam di Puncak gunung Api Purba

Nglanggeran

wisata ke Gunung Nglanggeran – Eksotisme Alam di Puncak gunung Api Purba

0

Selain wisata Goa dan Pantai pantai yang menawan, di daerah Gunung kidul ada satu lokasi  wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi yakni   Gunung Api purba Nglanggeran.

foto-puncak-g

Gunung ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk Gunung Kidul yang berada pada deretan Pegunungan Seribu.

nglanggeran01

berada di ketinggian  200-700 mdpl dengan suhu udara rata-rata 23˚ C – 27˚ C, Nglanggeran adalah satu-satu gunung api purba di DIY yang pernah aktif,terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi kurang lebih 60 juta tahun yang lalu. Tersusun oleh batuan beku berupa andesit, lava dan breksi andesit, 

nglanggern

nganggeran02

jarak dari yogya ke Nglnggeran sekitar 25km, bisa ditempuh sekitar 40 menit dengan mobil. daerah ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan alam sekitarnya memiliki keindahan, dan secara geologi sangat unik . Tak heran kawasan ini kemudian di rencanakan sebagai taman bumi atau Geopark. Bahkan pada tahun 2010, saat perwakilan UNESCO berkunjung ke Nglanggeran, mereka mengakui potensi kawasan ini sebagai Geopark, karena mempunyai nilai ekologi dan warisan budaya dan berfungsi sebagai daerah konservasi.
banyak wisatawan mendaki puncak gunung api purba Nglanggeran untuk menikmati indahnya panorama matahari terbit.
Perjalanan menuju puncak nglanggeran melewati jalan tanah setapak, serta lorong-lorong bebatuan yang sempit.Dengan jarak tempuh pendakian lebih kurang satu setengah jam,, wisatawan bisa mencapai puncak tertinggi gunung api purba itu. jika berangkat sore, wisatawan dapat menyaksikan matahari terbenam Selain itu, wisatawan juga perlu menggunakan tali untuk mendaki bukit-bukit yang pendek. Ada papan petunjuk jalan untuk memudahkan arah pendakian agar tidak tersesat.

Pemandangan-Embung-N

Di sekitar Gunung Nglanggeran bayak dijumpai embung yang merupakan bangunan berupa kolam seperti danau, di ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut.Embung dengan luas sekitar 5.000 meter persegi itu berfungsi menampung air hujan untuk mengairi kebun buah buahan, di sekeliling embung.Pada musim kemarau, para petani bisa memanfaatkan airnya untuk mengairi sawah. Pengunjung bisa naik ke embung dengan tangga Sampai di sisi embung, pengunjung bisa melihat matahari terbenam dan melihat gunung api purba Nglanggeran di seberang embung.

embung

Harga tiket masuk sejak 10 October 2014, hanya sebesar 7.000 rupiah di pagi hari, 9.000 rupiah di malam hari, dan untuk wisatawan asing sebesar 12.000 rupiah saja.

Jika anda ingin mengungjungi tempat wisata ini dengan menggunakan jasa rental mobil jogja, silahkan menghubungi kami

rental mobil jogja murah – Nuansa transport,

Telpon :
• XL 0878 3974 1888 (whatsapp)
Simpati 0821 3794 1188

 Email : Nuansatransport@gmail.com

kami juga menyediakan paket wisata jogja, dan paket wisata menarik lainnya, dan anda pun bisa request paket wisata lain sesuai pilihan anda.

Leave a Reply

    No Twitter Messages.